Iklan Header

    Assalamu'alaikum teman-teman. Kabar baik? Semoga selalu. Melanjutkan materi yang sudah saya bagikan pada postingan sebelumnya mengenai kualitas penduduk indonesia. Kali ini saya akan melanjutkan materi tentang keragaman etnik masyarakat indonesia. Apa yang dimaksud dengan etnik? Apa pengertian etnik? Mungkin kamu pernah mendengar etnik indonesia, etnik sunda, baju etnik, rumah etnik, atau kampung etnik. Kamu tahu arti etnik?


    keragaman-etnik dan-jenis-ras-masyarakat-indonesia

    Pengertian Etnik

    Pengertian kelompok etnik menurut para ahli adalah kelompok dengan kesadaran memiliki kesatuan budaya pengikat sebagai identitas kelompok tersebut. Etnik disebut juga suku bangsa. Jadi, jika kita mendengar etnik sunda, atau etnik indonesia berarti suku bangsa sunda dan suku bangsa indonesia.


    Kesatuan kesadaran dan identitas dikuatkan dengan kesatuan bahasa. Secara lebih mendetil, suku bangsa adalah gabungan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial sebab mempunyai ciri-ciri paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul dan tempat asal serta kebudayaan.


    Ciri-Ciri Etnik

    Etnik atau suku bangsa pastinya memilik ciri-ciri yang sama, untuk mengenali kelompoknya. Adapun ciri-ciri dari etnik atau suku bangsa adalah :

    • Kesamaan kebudayaan,
    • Kesamaan bahasa,
    • Kesamaan adat istiadat, dan
    • Kesamaan nenek moyang.

    Setiap kelompok etnik memiliki kekhasan tersendiri. Terdapat perbedaan-perbedaan yang mendasar antaran kelompok satu dengan kelompok yang lain. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan kelompok etnik :

    • Latar belakang sejarah yang berbeda
    • Keadaan dan letak geografis yang berbeda
    • Hukum adat dan kemasyarakatan yang berbeda
    • Persebaran penduduk terpencil sehingga berbeda kontak sosial

    Oke, jika kita lihat disekeliling kita, atau kita menontong tv, mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa orang barat warna kulitnya putih, orang Afrika berkulit hitam, dll. Kitra-kira kenapa ya??


    Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan suku bangsa yang berbeda. Suku bangsa terdiri dari berbagai ras. Apa yang dimaksud dengan ras? Apa pengertian ras?


    Ras adalah golongan masyarakat luas yang terdiri dari berbagai rumpun. Sedangkan rumpun adalah golongan besar dari bangsa-bangsa yang sama asalnya. Bangsa sendiri adalah kumpulan manusia yang terikat karena kesatuan bahasa dan kebudayaan.


    Jenis Ras yang Ada di Indonesia

    Ras di Indonesia dapat dibedakan berdasarkan ciri fisiknya. Terdapat beberapa perbedaan ciri fisik penduduk indonesia. Jika kita perhatikan penduduk indonesia dari Sabang sampai Merauke, maka akan kita temui perbedaan-perbedaan fisik yang mendasar. Dari perbedaan fisik tersebut, maka peneliti membagi masyarakat indonesia menjadi empat kelompok ras. Jenis ras yang ada di indonesia antara lain :

    1. Kelompok Ras Melanesoid
    2. Kelompok ras melanesoid tersebar di Indonesia bagian timur, antara lain di Papua/ Irian, Pulau Aru, dan Pulau Kai.

    3. Kelompok Ras Negroid
    4. Persebaran di Indonesia, kelompok ras negroid antara lain orang Semang (Semenanjung Malaka), dan orang Mikopsi di Kelupauan Andaman.

    5. Kelompok Ras Weddoid
    6. Persebaran ras weddoid di Indonesia antara lain orang Sakai di Siak Riau, orang Kubu di Sumatra dan orang Mentawai di Kepulauan Mentawai.

    7. Kelompok Ras Melayu Mongoloid
    8. Ras melayu mongoloid dibedakan menjadi dua golongan, antara lain :
      • Ras Proto Melayu (Melayu Tua), antara lain suku Batak, Toraja, dan Dayak
      • Ras Deutro Melayu (Melayu Muda), antara lain suku Bugis, Madura, Sunda, Jawa, dan Bali

    Ras terbesar yang mendiami indonesia adalah ras deutro melayu atau melayu muda. Jika ras di indonesia digabungkan maka Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa yang sangat banyak. Keberagaman ras di indonesia, mendiami berbagai lokasi yang tersebar di penjuru nusantara. Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2010, Indonesia memiliki 1.128 suku bangsa. Wah, banyak sekali ya.


    Oke, sampai sini dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Wassalamu'alikum.


    Bank Soal Next : Kualitas Penduduk Indonesia

    Post a Comment