Iklan Header

    Assalamu'alaikum, teman. Semangat pagi. Pagi-pagi gini saya akan posting pembahasan PAT Sejarah Indonesia Kelas 11 yang sudah saya bagikan kemarin. Tujuan pembahasan ini supaya kalian tahu jawaban dari soal yang sudah kalian kerjakan secara mandiri. Jadi, upayakan jawablah sebisa kalian soal-soalnya terlebih dahulu, setelah itu kalian bisa melihat pembahasannya. Jangan langsung memilih jalan pintas ya. Supaya kalian memahami soal-soal tersebut.

    Pembahasan kali ini, berisi kunci jawaban dan pembahasan soal. Kali ini saya akan membagikan pembahasan nomor 1 hingga nomor 15. Untuk pembahasan nomor 16 hingga nomor 30, dilanjutkan pada postingan selanjutnya. Langsung saja monggo dipelajari.

    kelas-11-mapel-sejarah-indonesia-pembahasan-pat

    Soal : Sejarah Indonesia Kelas 11 PAT Semester 2


    PEMBAHASAN

    1. Jawaban : B

    Pembahasan :
    Menyerahnya Jepang kepada Sekutu dilatarbelakangi oleh peristiwa dijatuhkannya bom atom di Hirosima dan Nagasaki oleh Sekutu.

    2. Jawaban : E

    Pembahasan :
    Pembentukan BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945 dilakukan setelah Perdana Menteri Jepang Koiso dalam pidatonya mengumumkan akan memberikan kemerdekaan di kemudian hari kepada bangsa Indonesia.

    3. Jawaban : A

    Pembahasan :
    Berikut ini makna dari arti penting proklamasi kemerdekaan Indonesia :

    • Apabila dilihat dari sudut pandang hukum, proklamasi merupakan pernyataan yang berisi keputusan bangsa Indonesia untuk menetapkan tatanan hukum nasional (Indonesia) dan menghapuskan tatanan hukum kolonial.
    • Apabila dilihat dari sudut politik ideologis, proklamasi merupakan pernyataan banga Indonesia yang lepas dari penjajahan dan membentuk Negera Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
    • Proklamasi merupakan puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
    • Proklamasi menjadi alat hukum internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia, bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri untuk menggenggam seluruh hak kemerdekaan.
    • Proklamasi merupakan mercusuar yang menunjukkan jalannya sejarah, pemberi inspirasi, dan motivasi dalam perjalanan bangsa Indonesia di semua lapangan di setiap keadaan.

    4. Jawaban : C

    Pembahasan :
    Dalam sidang rapat PPKI tanggal 18 Agustus 1945, Otto Iskandardinata mengusulkan memilih Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden.

    5. Jawaban : A

    Pembahasan :
    Ahmad Soebardjo adalah tokoh golongan muda yang menjadi penengah peristiwa Rengasdengklok.

    6. Jawaban : A

    Pembahasan :
    Chuo Sangi In adalah badan yang bertugas mengajukan usul kepada pemerintah serta menjawab pertanyaan pemerintah serta menjawab pertayaan pemerintah mengenai soal-soal politik dan menyarankan tindakan yang perlu dilakukan oleh pemerintah Militer Jepang di Indonesia.

    7. Jawaban : A

    Pembahasan :
    Makna rumusan terakhir dari naskah proklamasi kemerdekaan merupakan pernyataan hak menentukan nasib sendiri.

    8. Jawaban : B

    Pembahasan :
    Tokoh-tokoh yang berperan menyebarluaskan berita proklamasi ialah Yusuf Ronodipuro, Syahrudin, dan Suprapto.

    9. Jawaban : D

    Pembahasan :
    Sajoeti Melik adalah tokoh pemuda yang juga sangat berperan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peran Sayuti Melik adalah mengetik naskah Proklamasi setelah ia sempurnakan dari tulisan tangan Bung Karno.

    10. Jawaban : D

    Pembahasan :
    Pemerintah kolonial Jepang melarang pembacaan teks proklamasi kemerdekaan sebab Jepang berkewajiban menjaga status quo seperti yang disepakati dengan Sekutu.

    11. Jawaban : A

    Pembahasan :
    Agresi Militer Belanda II tanggal 18 Desember 1948 adalah bentuk peningkaran Belanda terhadap hasil perjanjian Renville.

    12. Jawaban : B

    Pembahasan :
    Radio digunakan sebagai alat komunikasi dalam perjuangan para pemuda.

    13. Jawaban : A

    Pembahasan :
    Sidang PPKI yang pertama berhasil mengesahkan UUD 1945.

    14. Jawaban : B

    Pembahasan :
    I Gusti Ngurah Rai adalah pimpinan dalam perang Puputan Margarana di Bali.

    15. Jawaban : A

    Pembahasan :
    RIS tidak dapat bertahan lama sebab mayoritas rakyat menghendaki Indonesia berbentuk kesatuan.

    Kembali Ke Soal Lanjutan Pembahasan

    Post a Comment