Iklan Header

    Selain kecanduan media sosial dan gadget, dewasa ini banyak juga pelajar yang kecanduan game online. Kecanduan game biasanya akan menyita waktu kita untuk dihabiskan di depan komputer atau android. Game online saat ini yang banyak menyita waktu kita seperti game guardian mobile legends.

    Selain game online, game offline juga sama-sama bisa membuat seseorang kecanduan. Game-game offline terbaik di dunia saat ini seperti game offline petualang perang, bahkan game anak perempuan. Jika sudah mencapai kecanduan game onlie, biasanya akan sulit merubahnya. Artikel ini akan membahas penyebab dan tips cara mengatasi kecanduan game online.

    Game online menjadi sebuah kesenangan bagi sebagian besar orang-orang saat ini. Game adalah sebuah permainan virtual untuk memerankan tokoh tertentu dengan berbagai rintangan yang harus diselesaikan.

    penyebab-dan-cara-mengatasi-kecanduan-game-online
    Game saat ini sudah mengalami perkembangan yang luar biasa. Jika dulu, game cenderung memiliki tingkatan level yang harus diselesaikan tahap demi tahap, hingga mencapai level tertinggi.

    Saat ini, game selalu mengalami perubahan atau bahasanya up date, dalam jangka waktu tertentu. Sehingga, banyak sekali rintangan yang bervariasi dengan segala macam tool dan aksesoris yang semakin banyak dan canggih.

    Dewasa ini, dunia game memiliki penggemar yang sangat banyak. Tidak hanya anak-anak, saat ini orang dewasa pun juga sangat suka dengan game. Bahkan, sekarang sudah ada olahraga resmi yang melombakan game online. Seperti PUBG, Mobile Legend, dll.

    Jika kamu serius, untuk menjadi atlet dalam e-sport gak ada salahnya juga sih. Tapi dengan catatan harus benar-benar serius menekuninya. Tentu jika kamu didukung oleh kemampuan diri dan kemampuan finansial. Sebab menjadi gamer memerlukan fasilitas yang luar biasa mahal.

    Namun, jika kamu memainkan game hanya untuk mengisi waktu senggang harus dibuat jadwal yang bijak untuk bermain game. Jangan sampai kamu malah kecanduan game yang membuat hidup kamu berantakan. Makan jarang-jarang, bahkan ada yang mati di depan games online gara-gara tidak makan beberapa hari.

    Dampak negatif main game

    Bermain game online maupun offline yang berlebihan bahkan lupa akan waktu, akan berdampak buruk bagi si pelaku. Berikut diantara dampak negatifnya :

    1. Lupa dengan Kebutuhan

    Tidak jarang, seorang yang kecanduan game akan menghabiskan banyak waktunya hanya untuk bermain game. Bahkan, dia lupa dengan kebutuhan-kebutuhan dunia nyatanya sendiri. Beberapa kasus, seorang pecandu game tidak makan berhari-hari demi bermain game saja. Selain tidak makan, sering juga lupa untuk mandi, lupa bersosialisasi, bahkan lupa akan waktu untuk sekolah atau bekerja. Jadi sering ijin dengan alasan sakit, padahal semalaman begadang di depan PC atau android.

    2. Susah Bangun Pagi

    Menurut penelitian, sebagian besar pecandu game akan bermain game pada waktu malam hari. Waktu malam hari merupakan waktu yang pas untuk bermain game karena tidak ada yang mengganggu. Maka, para pecandu game akan merasa betah berlama-lama dengan game bahkan hingga pagi hari. Hal ini akan menyebabkan dia susah bangun pagi, karena begadang semalaman. Tentu ini akan menyebabkan rusaknya pola hidup, dan mempengaruhi aktivitas pagi hari kita. Padahal, orang-orang Sukses sudah membuktikan bahwa Kesuksesan Berawal dari Bangun Pagi.

    3. Malas Belajar

    Bagi pelajar, kecanduan game tentu menjadi problem yang serius. Dia akan lebih sering memegang android atau main di komputer dari pada pegang buku untuk belajar. Karena memang tidak dipungkiri kesenangan ketika bermain game. Jika sudah terlanjur, ada beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas yang sudah saya berikan di blog ini.

    Dampak positif main game

    Tidak hanya kerugian yang kita dapat jika bermain game. Ada juga keuntungan dengan bermain game. Keuntungan bermain game adalah :

    1. Refreshing

    Ketika aktivitas kita yang teramat padat dan membosankan, beberapa orang menghilangkan kepenatan dalam aktvitasnya dengan bermain game. Bahkan, dengan bermain game sejenak suasan hati yang awalnya galau bisa menjadi lebih heppy, tentu jika menang 😄😅.

    2. Mengasah kreatifitas

    Dengan bermain game, seseorang akan lebih mengggunakan otak kanan. Sedangkan otak kanan berhubungan dengan imajinasi, gambar, seni, dll. Ketika kita bermain game akan memicu kreatifitas terutama di bidang kesenian.

    3. Sarana belajar bahasa Inggris

    Tidak dipungkiri kebanyak game yang ada saat ini menggunakan bahasa Inggris. Bagi kita di Indonesia, bahasa Inggris terkadang menjadi momok di sekolahan. Karena kita tidak tahu arti dari bahasa tersebut. Dengan bermain game, selain mendapatkan hiburang dan refreshing, secara tidak langsung kita juga bisa belajar bahasa Inggris. Banyak sekali istilah-istilah dan bahasa yang mungkin dapat kita ketahui. Jika awalnya kita tidak paham dengan bahasanya, tapi karena kita terpaksa harus tahu arti bahasa tersebut, maka mau tidak mau kita buka deh kamus bahasa Inggris.

    Selain keuntungan yang bisa kita dapatkan melalui game, banyak kasus yang mengisahkan efek negatif dari game. Apalagi jika kita sudah kecanduang game.

    Banyak kasus saat ini, pelajar yang bolos hanya karena ingin mau games online, bahkan sampai beberapa hari tidak masuk sekolah. Akhirnya dia dikeluarkan dari sekolahan.

    Penyebab seseorang bisa kecanduan game:

    Sebenarnya apa sih penyebab seseorang bisa kecanduan games online? Kamu harus tahu nih, supaya kamu tidak terlanjur kecanduan dengan games online.

    1. Games saat ini selalu mengalami up grade

    Di awal mungkin sudah saya bahas bahwa saat ini game entah di smartphone atau komputer sering mengalami up date setiap jangka waktu tertentu. Tentu dengan adanya up grade, seorang pemain game tidak merasa bosan dan cenderung penasaran dengan game barunya.

    2. Berbagai kompetisi dengn hadiah wow

    Saat ini bermain game bisa jadi merupakan hobi yang menjanjikan. Bahkan dunia telah mengakui game sebagai cabang olahraga yang dinamakan e-sport. Begitu banyak kompetisi yang diadakan khusus untuk permainan game. Hadiahnya juga tidak main-main, bahkan ada juga gamer yang menghasilkan pendapatan milyaran dari bermain game profesional.

    3. Timbulnya perasaan puas

    Ketika bermain game, seseorang harus menyelesaikan misi tertentu. Jika game yang kita mainkan selesai dan mendapatkan kemenangan, maka kita merasa sangat puas dan senang. Kemenangan demi kemenangan tersebut memicu kita untuk bermain dan bermain terus.

    Jadi, seseorang yang terkena candu game berawal dari rasa kepuasan yang terus menerus karena berhasil memenangkan tahapan-tahapan game.

    Tips mengatasi kecanduan game

    Jika kamu memang hobi bermain game dan menjadikannya sebagai skill pada tingakatan yang lebih profesional, sebenarnya sah-sah saja.

    Namun, jika kita menjadikan bermain game sebagai prioritas utama, tanpa memperdulikan kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih penting, itu yang bahaya. Berikut cara mengatasi kecanduan game online :

    1. Niat

    Untuk terbebas dari candu game, harus memiliki keinginan yang sangat kuat dari diri kita sendiri. Butuh tekad yang tidak boleh goyah untuk berhenti main game online. Ingat, semua yang kita inginkan butuh kita wujudkan dari diri kita sendiri. Allah Ta'ala tidak merubah suatu kaum, jika dia tidak merubahnya sendiri.

    2. Konsultasi dengan orang tua

    Cobalah berbincang santai dengan orang tua kamu, pastikan mereka memahami kondisimu untuk memberikan saran dan kebijaksanaan. Perlu koordinasi yang baik antara orang tua dan anak supaya adanya bentuk dukungan dari keluarga terhadap kamu.

    3. Cari teman yang mau mengingatkan kita

    Tips berikutnya adalah cobalah cari teman yang mau selalu mengingatkan kita untuk tidak bermain game. Jika teman kita suka main game online, mau tidak mau kita juga ikut-ikutan main game juga. Jadi, teman kita sangat berperan untuk menguat kita supaya tidak menghabiskan waktu bermain game.

    4. Temukan hobi baru

    Mungkin cara ini sangat efektif dilakukan, yaitu temukanlah hobi baru untuk menghilangkan pengaruh game online. Hobi olahraga bisa jadi alternatif seperti futsal, badminton, voli, pimpong, panahan, renang dan lain sebagainya. Atau mungkin hobi memelihara hewan peliharaan seperti ikan hias, aquascape, ayam, burung, kelinci, dll. Fungsi hobi baru ini akan mengalihkan perhatian kita terhadap game online.

    5. Berdo'a

    Tips terakhir dan tentu tips mujarab untuk terbebas dari candu game online yaitu berdo'a kepada Allah Ta'ala. Sebab Allah Ta'ala sajalah yang membolak-balik hati kita. Allah Ta'ala sajalah yang mampu mengobati rasa kecandunag game kita. Maka, jangan bosan-bosannya untuk senantiasa berdo'a kepada-Nya.

    Demikian penyebab dan tips cara mengatasi kecanduan game online.
    Semoga bermanfaat.

    Post a Comment