Iklan Header

    Penilaian Akhir Semester menjadi titik akhir pembelajaran dalam jangka satu semester, sebelum melanjutkan pembelajaran di semester berikutnya. PAS ini terbilang cukup penting bagi kamu yang akan mengambil kuliah lewat jalur SNMPTN. Sebab nilai semester atau nilai raport akan diakumulasikan untuk dikompetisikan di tingkat universitas negrei. Mengingat pentingnya nilai PAS, maka kamu harus mempersiapkan ujian ini dengan serius.

    PAS merupakan singkatan dari Penilaian Akhir Semester, atau dahulu istilah yang diapakai adalah UAS (Ujian Akhir Semester). Di Kurikulum 2013, penggunaan UAS diganti dengan PAS. Meskipun namaya berubah, mekanisme pelaksanaanya masih sama koq gaes. Cuma berubah istilahnya aja.

    Bagi kamu yang ingin mendapat nilai maksimal saat PAS semester 1 beberapa waktu ke depan. Maka, penting sekali untuk mempersiapkannya jauh-jauh hari. Supaya nilainya maksimal dan tidak terkesan belajar dengan sistem Kebut Semalam -pengalaman :D

    Walaupun materi yang diujikan untuk PAS sangat banyak, terutama di Madrasah atau di pondok. Namun, sebenarnya belajar dengan sistem yang pas dan baik juga bisa membuat kita mendapatkan nilai yang maksimal lho gaes. Tergantung keinginan dan kemauan kita sendiri.

    tips-belajar-untuk-persiapan-ujian-pas


    Berikut tips yang bisa saya bagi untuk mempersiapkan PAS supaya mendapat nilai yang maksimal :

    1. Belajar dijauh-jauh hari, walaupun 5 soal tapi rutin

    Sistem ini pernah saya lakukan ketika, saya masih belajar di bangku SMA dulu gaes. Sistem yang saya pakai yaitu, mengerjakan soal-soal/ bank soal 5 soal saja setelah sholat 5 waktu. Misalkan materi yang mungkin bagi kita sulit ada 5, maka carilah soal-soal yang banyak untuk kita kerjakan disetiap selesai sholat fardu. Mungkin sehabis subuh mengerjakan soal matematika, setelah dzuhur soal bahasa inggris, setelah ashar ips, dan seterusnya hingga isya. Karena hanya mengerjakan 5 soal, maka tidak menyita banyak waktu dan tidak memberatkan. Eits, jangan lupa untuk mencari jawaban yang benar plus pembahasannya.

    2. Mencari teman yang membuat kita lebih semangat belajar

    Siapa teman kita, ya itulah gambaran kita. Jadi, bagi kamu yang ingin pintar, maka bertemanlah dengan orang-orang yang pintar. Teman yang senantiasa memberi dorongan dan motivasi untuk selalu mengajak berkompetisi yang positif soal pelajaran. Misalkan, buatlah kesepakatan dengan temanmu untuk berbicara bahasa inggris setiap hari senin dan rabu, atau hari lain. Mungkin juga berkirim sms atau whatapps dengan bahasa inggris. Intinya, bertemanlah dengan seseorang yang bisa menguntungkan keduanya. Simbiosis mutualisme.

    3. Melengkapi catatan yang mungkin tertinggal

    Coba ingat-ingat, mungkin kamu pernah gak masuk sekolah beberapa hari karena sakit atau punya keperluan tertentu. Maka, sudah pasti hari itu kamu ketinggalan pelajaran. Oleh karena itu, pinjamlah catatan temanmu yang rajin kalau bisa tulisannya yang rapi-terutama cewek (tapi jangan modus :D). Salinlah catatan yang belum kamu catat atau mungkin catatan yang terlewatkan.

    Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Malas

    4. Persiapan peralatan yang menunjang untuk ujian (PAS)

    Siapkanlah bolpoin, mungkin pensil penghapus, tipe-x, penggaris, dan peralatan-peralatan lain yang menunjang ujian. Sehingga, besok ketika hari ujian tiba kita tidak bingung-bingun nyari pinjeman ke temen. Karena pengalaman ada temen yang minjem, tapi setelah ujian raib entah kemana?

    5. Berdo'a tentunya

    Setelah ikhtiar dan berusaha dengan sungguh-sungguh. Maka, yang perlu kita harus lakukan setelah itu ya berdo'a. Sebab nilai itu urusan Allah subhanahu wa ta'ala. Bisa jadi ada temen yang tidak belajar tapi pas PAS dapat wangsit dan bener semua jawabannya karena doanya manjur (pernah kayak gitu?) Maka, lewat do'a itulah yang memberikan kita kemudahan untuk mengerjakan soal ujian. Dan ingat, do'a itu harus khusyu' dan jangan main-main. Terkadang ketika sebelum ujian kita diberi kesempatan berdo'a tapi kitanya malah main-main dengan segala macam aktivitas kita.

    Demikian, tips-tips yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan PAS semester 1 ini.
    Semoga bisa mengerjakan soal dengan mudah, dan sukses selalu. Aamiin.
    Wassalamu'alaikum.

    Post a Comment